Kamis, 15 Maret 2012

Kesalahan dalam Bola Basket

Dalam permainan bola basket terdapat dua macam kesalahan, yaitu kesalahan teknik dan kesalahan perorangan. Yang dimaksud dengan kesalahan teknik adalah kesalahan karena
mengabaikan peringatan dan teguran para wasit, atau menggunakan taktik yang tidak sportif. Sedangkan kesalahan perorangan adalah kesalahan yang dilakukan karena persinggungan
badan antara pemain yang berlawanan.

Kesalahan perorangan tunggal adalah persinggungan antara seorang pemain dengan seorang pemain lawan.

Kesalahan rangkap maksudnya pada waktu yang bersamaan atau hampir bersamaan 2 orang pemain atau lebih yang berlawanan saling melakukan persinggungan.

Kesalahan banyak yaitu pada waktu yang bersamaan atau hampir bersamaan 2 orang pemain atau lebih yang melakukan persinggungan terhadap satu orang pemain lawannya.

Kesalahan yang dibuat secara sengaja terhadap lawan misalnya mendorong, menarik, memukul, memegang, atau memasang kaki untuk menjatuhkan lawan. Dengan kesalahan
yang disengaja ini pemain dapat langsung dikeluarkan dari lapangan, meskipun belum 5 kali melakukan kesalahan. Seorang pemain yang melakukan 5 kali kesalahan akan dikeluarkan
dari lapangan dan tidak boleh bermain sampai pertandingan itu selesai.

FOULT (KESALAHAN)

1. Illegal use hand adalah kesalahan yang  dilakukan pemain karena memukul salah satu anggota tubuh lawan.
2. Blocking adalah menghadang lawan dengan menghalangi pergerakan lawan.
3. Elbow adalah pelanggaran yang dilakukan karena menyikut lawan.
4. Holding adalah menarik lawan dengan maksud menguasai bola dari lawan.
5. Pushing adalah mendorong lawan dengan maksud merebut bola atau mencederai dari lawan.
6. Charging adalah kesalahan yang dilakukan karena menabrak lawan yang sudah menepati posisinya.
7. Double foult adalah situasi dimana dua pemain yang berlawanan saling melakukan kesalahan perorangan satu sama lainnya pada waktu bersamaan.
8. Technical foul adalah kesalahan yang dilakukan tanpa persinggungan seorang pemain atas suatu prilaku yang dalam batas kewajaran,tetapi tidak dibatasi untuk:
    >mengabaikan perintah wasit
    >menyentuh wasit
    >berkomunikasi dengan wasit
    >menggunakan bahasa atau isyarat menantang atau menghasud penonton
    >pura-pura menjatuhkan diri untuk mendapatkan kesalahan
9. Unspertman like foul adalah kesalahan perorangan seorang pemain dimana dalam penilaian wasit bukan merupakan suatu usaha yang dibenarkan untuk memainkan bola secara langsung di dalam semangat dan maksud dari peraturan.
10.Disqualifying foul adalah tindakan unsperman like yang menyolok dari seorang pemain,pemain pengganti,pemain yang sudah dilarang masuk,pelatih,asisten pelatih atau pengikut regu.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar