Senin, 12 Maret 2012

Pelanggaran dalam Bola Basket

Definisi pelanggaran adalah usaha untuk merugikan pemain lain di luar lingkup aturan.
Mereka biasanya dilakukan melalui kontak fisik.
Pelanggaran biasanya disebut pada pertahanan, namun pemain ofensif dapat melakukan mereka juga.
Seperti disebutkan, pelanggaran bisa menjadi sumber kontroversi karena mereka sepenuhnya diserahkan kepada kebijaksanaan wasit. Ada juga berbagai jenis pelanggaran dan aturan yang berbeda berlaku untuk bagaimana busuk dihukum tergantung pada bermain game pada saat foul.
ini jenis planggaran yang ada dalam prmainan basket:

VIOLATION (PELANGGARAN)

1. Travelling adalah pelanggaran karena    membawa bola tidak di dribble,lebih dari 2 langkah.
2. Illegal dribble adalah pelanggaran yang dilakukan karena menghentikan bola sesaat disalah satu tangan atau kedua tangan kemudian mendribbelnya kembali.
3. Crraying the ball adalah kesalahan yang dilakukan karena mendribble dengan memutar bola.
4. 3 second adalah pelanggaran yang diberikan apabila seorang pemain berada di area tembakan bebas (key area) selama 3 detik.
5. 5 second adalah pelanggaran yang diberikan kepada seorang pemain karena menahan bola selama 5 detik tanpa ada usaha untuk passing ataupun dribble.
6. 8 second adalah pelanggaran yang diberikan kepada tim karena selama 8 detik bola tidak melewati garis tengah(tidak berpindah dari wilayah sendiri).
7. 24 second adalah pelanggaran yang dilakukan sebuah tim yang menguasai bola selama 24 detik tidak ada usaha memasukkan bola ke ring lawan.
8. Back court adalah pelanggaran karena pemain yang membawa bola kembali ke daerah  pertahanan setelah melewati garis tengah.
9. Deliberat foot ball
10. Out of ball

Tidak ada komentar:

Posting Komentar