Rabu, 28 Januari 2015

Organisasi dan Manajemen :: Pertemuan 1 dan 2



terdiri dari dua kata penting yakni Organisasi dan Manajemen, mari membahas tentang Organisasi terlebih dulu,

Organisasi adalah dua orang atau lebih yang saling bekerja sama dalam cara terstruktur untuk mencapai sasaran-sasaran spesifik

Pendekatan Organisasi

  • pendekatan statis : organisasi diumpamakan sebagai wadah, tempat
  • pendekatan dinamis : organisasi merupakan suatu proses

Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi menggunakan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien

Jadi contoh sederhana suatu organisasi adalah sebuah keluarga, meski masih terdiri hanya dengan dua orang suami dan istri, di dalam berjalannya suatu keluarga pasti dibutuhkan manajemen dalam mengelola.

suatu keluarga pastinya masing-masing memiliki tujuan yang ingin diraih, dan satu sama lain berbeda
oleh karena itu, dibutuhkan pemahaman tentang organisasi dan manajemen agar dapat meraih tujuan tersebut

untuk organisasi itu sendiri, pengertian organisasi begitu luas, untuk sekarang dibedakan menjadi dua : organisasi formal dan organisasi non formal
untuk contoh organisasi formal, misal : Kepolisian, BUMN, Instansi Negara, 
adapun organisasi formal yang insidensiil, dalam maksud insidensiil bahwa organisasi tersebut diadakan saat waktu itu saja, contohnya KPU (Komisi Pemilihan Umum), hanya diadakan saat adanya Pemilu

untuk contoh organisasi non formal, kumpulan pengamen, MLM dsb.

Organisasi hanya sebagai Objek
Manajemen hanya sebagai Teori, 

Unsur-unsur Manajemen :
  • Man
  • Money
  • Material
  • Machine
  • Methode
  • Market
  • Minutes
  • Information
  • Space

Prinsip-prinsip Manajemen :
menurut Henri Fayol :
  • pembagian Kerja
  • kewenangan dan tanggung jawab
  • disiplin
  • kesatuan perintah
  • kesatuan arah
  • kepentingan umum
  • sistem penggajian
  • sentralisasi
  • hierarki prinsip dari kekuasaan lini
  • order/prinsip urutan
  • kewajaran/keadilan
  • stabilitas masa jabatan personal
  • inisiatif
  • harus loyal terhadap organisasi
Fungsi-fungsi Manajemen :
menurut Lutter Gullick :
  • Planning
  • Organizing
  • Staffing
  • Directing
  • Coordinating
  • Reporting
  • Budgeting
menurut G.R Terry :
  • Planning
  • Organizing
  • Actuating
  • Controlling
menurut Lyndall F. Urwick :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar